• LOGIN
  • No products in the cart.

Kekuatan Konten Seorang Penulis

InstitutPenulis.id | Jargon content is king yang pernah disampaikan Bill Gates memang semestinya membungakan hati para penulis. Pasalnya, para penulis adalah di antara mereka yang mampu menggagas sebuah konten dan dikonkretkan ke dalam bentuk tulisan.

Menulis, apalagi dengan kecepatan dan akurasi yang baik, adalah jurus andalan para penulis. Namun, konten sejatinya adalah kekuatan para penulis. Konten berhubungan dengan ide. Semakin ide itu unik dan bermanfaat untuk orang banyak, semakin ide itu punya nilai.

Setiap saat penulis memang berkubang dengan ide penulisan. Namun, tidak selalu setiap saat penulis mendapatkan ide yang brilian. Untuk itu, ia perlu menjalankan tiga aktivitas berikut ini: banyak membaca, banyak berjalan (plesiran), dan banyak bersilaturahmi. Dari situ seorang penulis dapat mengaktifkan pancaindranya sebagai karunia Tuhan.

Ide adalah karunia dan tulisan adalah ikhtiar. Percuma ide banyak, tetapi tidak diusahakan untuk dituliskan. Begitulah kira-kira asumsinya. Ide harus berwujud sebagai konten tertulis, apakah itu dalam bentuk berita, artikel, resensi, kiat, proposal, makalah, dan banyak lagi.

Kekuatan konten penulis terletak pada ide-ide segar yang dikembangkannya jika ia mampu merespons tiga hal, yaitu peristiwa, fenomena, dan momentum. Instingnya harus bekerja dengan baik terhadap tiga hal tersebut. Sebagai contoh konkret, ia dapat merespons peristiwa demo para sopir taksi konvensional menuntut keadilan terhadap praktik bisnis taksi yang mengandalkan aplikasi digital. Ia juga dapat merespons momentum dicanangkannya Gerakan Literasi Sekolah oleh Kemdikbud.

Dari situ seorang penulis bisa mengembangkannya menjadi konten. Konten untuk disebarluaskan dan membuat pembaca merespons, baik respons yang positif maupun respons yang negatif.

Tetaplah bersemangat menggagas konten. Mari maju bersama kami di InstitutPenulis.id.

16 April 2016

0 responses on "Kekuatan Konten Seorang Penulis"

Leave a Message

top

Copyright©Institut Penulis Indonesia

Juru Tempa Penulis Indonesia

X