• LOGIN
  • No products in the cart.

Instruktur 2

Institut Penulis Indonesia (InsPena)

Cerita Kami

Di balik Institut Penulis Indonesia (InsPena) ini selalu ada renjana (passion) yang diletupkan secara konsisten oleh pendirinya, Bambang Trim. Ia adalah sosok komplet dalam dunia penulisan-penerbitan di Indonesia. Mengenyam pendidikan tinggi di bidang ilmu editing (Prodi D3 Editing Unpad) dan S1 Sastra Indonesia Unpad, membuat Bambang Trim terbenam dalam dunia tulis-menulis, khususnya penerbitan buku.

Tahun 1994 ia sudah memulai karier sebagai penulis buku dan editor. Kariernya lalu berlanjut di berbagai penerbit besar di Indonesia hingga menjadi pemimpin puncak. Total karya buku yang dihasilkannya lebih dari 160 judul berbagai bidang. Bambang Trim juga mulai berbagi sebagai narasumber penulisan-penerbitan sejak tahun 2000 ke berbagai kota di Indonesia hingga ke negeri jiran Malaysia. Ia juga pernah menjadi dosen khusus penerbitan di tiga PTN.

Konsistensi menyebarkan semangat menulis dan menerbitkan ini terus berlanjut. Karena itu, berdirilah Institut Penulis Indonesia (InsPena) pada tahun 2016 sebagai lembaga pendidikan dan kajian di bidang penulisan dan penerbitan. Beberapa tutor yang berpengalaman dan sudah menghasilkan puluhan, bahkan ratusan karya pun direkrut untuk menjalankan misi InsPena.

InsPena menyediakan akses untuk siapa pun dan di mana pun mengikuti kursus penulisan-penerbitan, baik secara daring (online) maupun luring (offline). InsPena juga menyediakan bahan ajar dalam bentuk buku cetak, buku digital, handout, dan modul sebagai pendukung pemelajaran. Alhasil, belajar menulis dan menerbitkan karya pun kini semakin mudah, tanpa ada batas ruang dan waktu.

Tim Kami

Taufan_Hidayat_OK

Taufan Hidayat [ Advisor ]

Bambang Trim

Bambang Trim [ Founder & CEO ]

Fachmy_Casofa

Fachmy Casofa [ Co-Founder & CPO ]

TASARO_808x808

Tasaro GK [ Chief Editor ]

avatar

Abi Ratno [ Chief Marketing ]

ign

Ivan G. Nugraha [ System Support ]

Visi Kami

Penyelenggara Kursus Menulis Terbesar di Indonesia.

Misi Kami

1. mendukung gerakan literasi;
2. memudahkan siapa pun dan di mana pun untuk belajar menulis dan menerbitkan karya tulis;
3. mendorong lahirnya literator (penulis profesional) di semua bidang.

Apa yang dapat Anda lakukan bersama Institut Penulis Indonesia?

Kelas daring (online) tersedia bagi Anda yang kesulitan mengatur waktu dan tempat untuk belajar. Kami menyediakan lebih dari 100 mata kursus penulisan-penerbitan. Anda dapat belajar melalui video tutorial dan berinteraksi dengan tutor melalui forum yang tersedia.

Bahan pemelajaran dapat diakses tanpa batasan waktu sehingga Anda dapat mengulang-ulang materi secara bebas. Anda juga dapat mengikuti kuis untuk mendapatkan sertifikat sebagai tanda kelulusan belajar.

Institut Penulis Indonesia juga menyelenggarakan kelas luring (offline) bersertifikat di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia. Topik dan jadwal kelas luring dapat diakses di Agenda. Untuk sementara tersedia di Jakarta, tepatnya di Kompleks Maya Indah No. 5C, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat.

Demi memudahkan proses pemelajaran, Insitut Penulis Indonesia juga menyediakan produk berupa bahan ajar kursus yang terdiri atas buku cetak, buku digital, handout, dan modul. Bahan ajar tersebut dapat diperoleh secara gratis ataupun berbayar.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai buku tentang penulisan dan penerbitan yang diterbitkan berbagai penerbit mitra kami.

Kelas khusus disediakan untuk lembaga/organisasi atau perusahaan yang ingin meningkatkan kompetensi karyawan atau staf di bidang tulis-menulis. Institut Penulis Indonesia menyediakan materi dalam bentuk kursus daring (online) menggunakan sistem kelompok kelas tertutup (close users group). Setiap lembaga/organisasi/perusahaan dapat memilih mata kursus sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Institut Penulis Indonesia juga membuka kerja sama penyelenggaraan kursus/pelatihan griaan (in-house training) di bidang penulisan dan penerbitan. Founder dan CEO Institu Penulis Indonesia, Bambang Trim, telah berpengalaman memberikan materi penulisan untuk lembaga-lembaga terkemuka, seperti Setneg Wapres RI, BPK, KPK, BPKP, Ditjen Pajak, Ditjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Kemdikbud), Dikdasmen (Kemdikbud), PTPN XII, Bank Syariah Mandiri, Bank Sumsel-Babel, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univ. Jambi, Fakultas Kedokteran Unpad, Fakultas Ilmu Komputer UI, Comlabs ITB, UNS Press, UB Press, Persatuan Editor Malaysia, dan banyak lagi.

top

Copyright©Institut Penulis Indonesia

Juru Tempa Penulis Indonesia

X