• LOGIN
  • No products in the cart.

Instruktur

Info Instruktur

Instruktur InstitutPenulis.id adalah mereka yang telah berpengalaman dalam bidang tulis-menulis ataupun penerbitan paling tidak selama lebih dari tiga tahun serta telah menghasilkan karya tulis berbagai bentuk yang dipublikasikan di media massa ataupun dalam bentuk buku yang diterbitkan penerbit nasional. Selain itu, instruktur InstitutPenulis.id juga telah berpengalaman sebagai guru, dosen, tutor, ataupun instruktur dalam pelatihan penulisan dan penerbitan.

Berikut ini adalah para instruktur yang telah berkomitmen menjadi pengisi materi kursus di InstitutPenulis.id dan juga menjadi instruktur untuk pelatihan luring (offline).

Bambang-Trim_420x420BAMBANG TRIM merupakan salah seorang di Indonesia yang mendalami secara serius ilmu editing. Ia telah mengenyam pendidikan publishing scince (D3 dan S1) di Fakultas Sastra, Unpad. Kariernya sebagai editor dimulai sejak 1995 hingga kemudian memimpin beberapa penerbit nasional sebagai general manager dan juga direktur. Ratusan buku karya editingnya telah dipublikasikan. Beberapanya sukses mencetak predikat best seller, seperti Aa Gym Apa Adanya:

Sebuah Qolbugrafi, The True Power of Water, Setengah Isi Setengah Kosong, dan Api Sejarah.
Bambang Trim juga penulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Ia menulis berbagai jenis buku, seperti buku pelajaran, buku motivasi religi, buku anak-anak, buku how to, buku pengembangan diri, biografi/autobiografi, dan banyak lagi. Ia juga dikenal sebagai ghost writer dan co-writer yang telah membantu banyak orang serta institusi/lembaga di Indonesia. Di antara kliennya adalah KPK, PT Badak NGL, PT Takaful Indonesia, PT Prudential Indonesia, PT Furukawa Indonesia, Yayasan Melati Samarinda, Australia-Indonesia Partnership for Justice, Penerbit PPM, Penerbit Bumi Aksara, Ikapi DKI, Ikapi Pusat, IAARD Press, dan banyak lagi. Sejak tahun 2000 Bambang Trim juga telah berbagi ilmu penulisan dan ilmu penerbitan ke seluruh Indonesia hingga negara tetangga. Kini, ia tercatat sebagai Founder dan CEO Institut Penulis Indonesia.

HernowoHERNOWO—di dunia maya dikenal dengan nama “Hernowo Hasim”—pernah bekerja di Penerbit Mizan selama hampir 30 tahun (1984-2012). Namanya mulai dikenal di dunia training setelah diserahi tanggung jawab mengelola Penerbit Kaifa. Pada 1999, Penerbit Kaifa menerbitkan buku perdananya yang kemudian menjadi buku best seller dan fenomenal: Quantum Learning.

Berkat Quantum Learning, Hernowo pun tak hanya piawai dalam memberikan pelatihan-pelatihan tentang belajar yang menyenangkan atau bagaimana menjadi guru yang kreatif. Hernowo kemudian piawai menulis dengan cara-cara yang tidak biasa. Di usia lewat 40 tahun, dia berlatih menulis dengan memanfaatkan otak kanan—sebagaimana diajarkan oleh Quantum Learning.

Dia juga berlatih membuka dan mengalirkan pikirannya lewat metode temuan Tony Buzan, mindmapping, yang sudah dimodifikasi oleh Joyce Wycoff dan Gabriele Lusser Rico. Lantas, dia juga berlatih menulis dengan metode “membuang” atau opening up milik psikolog James W. Pennebaker.

Puncaknya adalah ketika dia berhasil merumuskan konsep membaca yang disinergikan dengan menulis bernama “mengikat makna”. Pada 2001, ketika usianya genap 44 tahun, koonsep mengikat makna ini dibukukan dan diterbitkan oleh Penerbit Kaifa. Berkat konsep “mengikat makna”, Hernowo berhasil menulis 24 buku dalam 4 tahun (2001-2005). Hingga 2009, buku karyanya mencapai 35 judul buku. Pada Juli 2016, dia menerbitkan buku ke-37-nya dengan judul “Flow” di Era Socmed: Efek-Dahsyat Mengikat Makna (Kaifa, 2016). Dalam buku ke-37-nya ini, Hernowo mennggunakan konsep “mengkat makna” untuk memperbaiki kemampuan berkomunikasi.

 

Fachmy_CasofaFACHMY CASOFA adalah penulis yang sejak 2009 telah menulis 20 buku lebih, dan salah satunya adalah bersama BJ Habibie pada tahun 2014 yang menghasilkan best seller berjudul Habibie: Tak Boleh Lelah dan Kalah! Selain itu, pada tahun yang sama juga menulis biografi best seller tentang Gamal Albinsaid, dokter muda dari Malang peraih penghargaan internasional berkat gerakan kreatifnya Klinik Asuransi Sampah, dengan judul  Gamal Albinsaid: Menyehatkan Indonesia dengan Sampah, menjadi ghost writer untuk buku The Netpreneur Story, dan menulis biografi Saptuari Sugiharto, pendiri Kedai Digital dan Sedekah Rombongan dengan judul Jejak Langkah Tak Terhenti,  serta Pahlawan Keluarga, Kisah Mereka yang Berjuang from Minus to Hero bekerja sama dengan Accenture, Plan Indonesia dan Magistra Utama.

Fachmy Casofa juga telah membantu mengonsep naskah dan mengembangkan kontennya untuk beberapa penulis baru, sehingga berhasil meraih predikat penulis best seller, seperti Adjie Silarus lewat karyanya Sejenak Hening yang berisi tentang mindfulness, Lahandi Baskoro dengan karyanya It’s My Startup  yang berisi tentang practical help bagi para pengusaha kreatif di bidang startup, Muhammad Ilman Akbar lewat karyanya 101 Young CEO yang berisi panduan kreatif untuk para pengusaha muda untuk meraih kesuksesan di bawah usia 30 tahun, M. Arief Budiman lewat karyanya Spiritual Creativepreneur yang berisi tentang pemaduan antara spiritual dan dunia bisnis kreatif, buku Balita pun Hafal Al-Qur’an karya Salafuddin Abu Sayyid. Selain itu, juga mengonsep dan berperan dalam konten dan visual dari buku-buku best-seller karya M. Husin Syarbini seperti A-Z Bakery dan UKM Naik Kelas, juga seri karier karya Ardiningtiyas Pitaloka dan Andin Andiyasari dari konsultankarir.com dalam karya-karya keren berjudul My Passion My Career, How to Become a Great Freshgraduate dan How to Become a Great Supervisor, Wahyu Liz lewat karyanya Emperpreneur: From Emperan to Empire Bisnis Kaos Plesetan juga tak lepas dari konsep dan sentuhan visualnya, sebagaimana juga penulis best-seller Bunda Wening lewat buku Bunda Madrasah Pertama, Nazura Gulfira lewat Perjalanan, Cinta & Makna Perempuan, Dimas Nay dengan karya Speak Up!, Tahta Muhammad dengan buku Creative Playbook, Brilliant Yotenega lewat karya Building a Meaningful Startup, dan banyak lagi perannya dalam dunia perbukuan dan penulisan. Bahkan, ikut membersamai Alberthiene Endah dalam melakukan proses interview narasumber serta mengembangkan konten untuk biografi resmi Jokowi yang berjudul Jokowi: Memimpin Kota Menyentuh Jakarta, serta dua bukunya yang lain, yakni Alfirdaus: Pendidikan yang Menerobos Jiwa dan Assalaam: Beningnya Mata Air Islam.

ADRINAL TANJUNG, putra kelahiran Padang Sumatera Barat 28 Januari 1971 punya aktivitas dan pengalaman yang beragam. Hingga saat ini telah merampungkan lebih dari 20 buku baik sebagai penulis mauopun sebagai editor di sela sela kesibukannya sebagai aparatur Negara. di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sejak tahun 2007 hingga saat ini banyak menulis profil kepala daerah serta strategi daerah dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Tak kurang dari 15 buku Gubernur, Bupati, dan Walikota pernah dirampungkannya.  Belakangan buku-buku yang ditulis berkaitan dengan hal hal praktis dalam

Hobi membaca buku ini telah ada sejak di bangku sekolah. Setelah menyelesaikan  S1 dari Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntasi Universitas Andalas Padang, ia mengajar dibeberapa perguruan tinggi swasta di Padang selama hampir satu setengah tahun lalu singgah hampir satu tahun setengah di PT Semen Padang (Persero) sebelum hijrah ke Jakarta.

Akuntan dengan Register Negara D-13.971 awalnya bercita-cita menjadi Dosen di Almamaternya. Namun, takdir berkehendak lain. Sempat mengajar disela-sela waktu ditahun 1997-2006 di beberapa Perguruan Tinggi, di antaranya di Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Esa Unggul Jakarta 2000 – 2006. Kini ia menjalani hari-hari sebagai aparatur negara.

Setelah merampungkan Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Administrasi Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta saat ini penulis tengah melanjutkan studi di Program Doktor Ilmu Sosial bidang kajian Administrasi Publik di Universitas Pasundan Bandung.

 

SOFA NURDIYANTI adalah tamatan Jurusan Psikologi, Universitas Sanata Dharma. Ia berkesempatan menempuh pendidikan nonformal Sekolah Guru Indonesia II bersama Dompet Dhuafa. Kariernya dimulai sebagai guru di MI Baiturrahman Surabaya dan SD Smart School Al-haamidiyah, Jakarta Selatan. Karena itu, ia dekat dengan dunia anak-anak hingga mendirikan kegiatan ekstrakurikuler bidang menulis untuk anak bernama “Hamasah Writing Club”.

Di bidang tulis-menulis, Sofa pernah aktif sebagai pengisi konten web Pembelajar.com, Andriewongso.com, dan Andaluarbiasa.com. Ia kemudian menjadi editor lepas untuk beberapa buku serta menjadi penulis pendamping biografi “75 Km S. Maryo” (2013). Beberapa tulisan dihasilkannya untuk buku antologi bersama.

Kami menyelenggarakan pelatihan dan kursus di bidang ilmu penulisan dan ilmu penerbitan untuk siapa pun, di mana pun, dan kapan pun.

Juru Tempa Penulis Indonesia

Alamat

PT Inkubator Penulis Indonesia
Jalan Kramat Raya 5H (Komplek Ruko Maya Indah)
Jakarta Pusat 10350

Kontak

Telp. 021-3909236; Faks. 021-3909279

Email: institutpenulis.id@gmail.com

Contact person (SMS/WA):

  • Abi Ratno: 0818-50-9988
  • Loly: 0895-352-326-311
  • Aisyah: 0812-97-429-635
top
X