• LOGIN
  • No products in the cart.

Profil

Institut Penulis Indonesia (IPI)

Cerita Kami

Institut Penulis Indonesia (IPI) adalah buah dari gagasan Bambang Trim yang dikenal sebagai sosok komplet dan tidak pernah lelah berjuang di jalan pena. Ia pernah mengenyam pendidikan tinggi di bidang ilmu editing (Prodi D3 Editing Unpad) dan S1 Sastra Indonesia Unpad yang membawanya berkarier awal sebagai penulis dan editor buku pada tahun 1994.

Kariernya lalu berlanjut di berbagai penerbit besar di Indonesia hingga menjadi pemimpin puncak. Total karya buku yang dihasilkannya lebih dari 160 judul berbagai bidang. Bambang Trim juga mulai berbagi sebagai narasumber penulisan-penerbitan sejak tahun 2000 ke berbagai kota di Indonesia hingga ke luar negeri. Ia juga pernah menjadi dosen jurusan penerbitan di tiga PTN.

Setelah "kenyang" dengan asam garam dunia penulisan-penerbitan, Bambang Trim lalu mendirikan Institut Penulis Indonesia (IPI) dan meluncurkannya pada 14 Mei 2016. Belum resmi IPI berdiri dengan berbadan hukum, Samsung Electronic Indonesia dan Indosat Ooredoo telah menggandeng IPI untuk melaksanakan workshop dan pelatihan di bidang penulisan.

IPI lalu dikonkretkan dengan berdirinya PT Inkubator Penulis Indonesia melalui Akta Notaris No. 54, tanggal 23 Oktober 2016 oleh Notaris Revy Setiyawati, S.H. Bambang Trim duduk sebagai Direktur dan Abi Ratno sebagai Komisaris. Duet Bambang Trim dan Abi Ratno kemudian membawa IPI mendapatkan kesempatan perdana pada 2017 melaksanakan Professional Writing & Editing Training untuk BMKG. IPI juga mendapatkan kepercayaan pengerjaan proyek-proyek jasa penerbitan dari KPK, Direktorat Bina Jasa Konstruksi Kemen PUPR, Badan Kepegawaian Nasional, dan juga dari Puskurbuk.

IPI juga menjadi motor berdirinya Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro) yang dideklarasikan pada tanggal 22 Desember 2016 dengan menghadirkan tokoh-tokoh penulis Indonesia lintas bidang, yaitu Jimly Asshiddiqie, M. Jafar Hafsah, Setia Dharma Madjid, N. Syamsuddin Haesy, dan Aditya Gumay.

 

Visi Kami

Institusi pendidikan-pelatihan serta jasa penulisan-penerbitan yang andal, unggul, dan terpandang di Asia Tenggara.

Misi Kami

menggerakkan peningkatan daya literasi bangsa untuk mewujudkan masyarakat ekonomi berbasis pengetahuan melalui pembentukan insan literator yang cerdas, berbudaya, dan berakhlak luhur.

Tim Kami

Bambang Trim

Bambang Trim [ Founder & CEO ]

Abiratno [ Co-Founder & CMO ]

    ]

Lutfi Trizky  [ CFO ]

Sofa Nurdiyanti 

Sofa Nurdiyanti  [ Copy Editor ]

Itok Isdianto [ Art Director ]

    ]
ign

Ivan G. Nugraha [ Web Developer ]

Humairoh [ Officer ]

Muh. Azis

Muh. Azis [ Designer ]

Aisyah N [ Officer ]

Loly F G  [ Officer ]

Widianto [ Officer ]

Kami menyelenggarakan pelatihan dan kursus di bidang ilmu penulisan dan ilmu penerbitan untuk siapa pun, di mana pun, dan kapan pun.

Juru Tempa Penulis Indonesia

Alamat

PT Inkubator Penulis Indonesia
Jalan Kramat Raya 5H (Komplek Ruko Maya Indah)
Jakarta Pusat 10350

Kontak

Telp. 021-3909236; Faks. 021-3909279

Email: institutpenulis.id@gmail.com

Contact person (SMS/WA):

  • Abi Ratno: 0818-50-9988
  • Loly: 0895-352-326-311
  • Aisyah: 0812-97-429-635
top
X