Anatomi Buku

InstitutPenulis.id | Pengetahuan tentang anatomi buku tidaklah dapat diabaikan oleh penulis buku dan juga pelaku penerbitan lainnya, seperti editor, pengatak (layouter), dan desainer buku. Anatomi buku menyangkut bagian-bagian buku yang harus tercantum, lalu ada pula yang sifatnya boleh tercantum boleh tidak (opsional).

Buku sejatinya terbagi atas tiga bagian besar yang disebut 1) bagian pendahulu (preliminaries/front matter); 2) bagian isi (text matter); 3) bagian penyudah (postliminaries/back matter). Selain itu, ada bagian luar yang disebut kover buku, terdiri atas kover depan (front cover), kover belakang (back cover), dan punggung buku (spine). Tiap bagian mengandung lagi subagian atau sering disebut sebagai halaman. Di sinilah kerap para pelaku penerbitan buku salah dalam menerapkan aturan-aturan yang sudah menjadi konvensi penerbitan buku.

Sebagai contoh kekeliruan yang sering terjadi adalah antara halaman kata pengantar (foreword) dan halaman prakta (preface). Kedua halaman ini berbeda dari segi penulis dan dari segi kepentingannya. Halaman prakata (preface) wajib ada pada buku nonfiksi karena merupakan penjelasan penulis terhadap buku yang dihasilkannya. Jadi, prakata ditulis oleh penulis sendiri. Adapun kata pengantar (foreword) ditulis oleh orang lain yang bermaksud mengantarkan buku kepada pembaca. Halaman kata pengantar bisa ditulis oleh seorang tokoh, pakar, atau pejabat yang berwenang mewakili sebuah lembaga/organisasi. Karena sifatnya hanya mengantarkan, kata pengantar tidak wajib ada.

Di dalam buku fiksi, kata pengantar dan prakata sama-sama tidak diperlukan. Pembaca novel memang tidak memerlukan penjelasan penulis tentang mengapa ia menulis novel dan untuk siapa novel itu ditulisnya. Jadi, kalau ada novel yang memuat prakata, apalagi kata pengantar, tentu hal itu tidak lazim.

Lebih jauh tentang anatomi buku dapat Anda akses pada kursus penulisan buku yang disediakan secara gratis. Anda akan dipandu oleh Bambang Trim mengenali bagian-bagian buku yang standar, terutama pada buku-buku nonfiksi. Anda juga akan dberi tahu tentang glosarium (daftar istilah), indeks (penjurus), serta perbedaan antara daftar pustaka (bibliography) dan daftar rujukan (references).

20 March 2018

0 responses on "Anatomi Buku"

    Yuk diskusi ...

    Tentang Kami

    InstitutPenulis.id adalah pusat kursus penulisan-penerbitan daring terlengkap sekaligus terbaik di Indonesia.

    Anggota Aktif

    There are no users currently online
    © 2018 oleh PT Inovasi Penulis Indonesia.
    X
    %d bloggers like this: