Buku-E Gratis: Mengubah Tangisan Menjadi Tulisan

0Shares

Awalnya tulisan di dalam buku ini berbentuk esai yang saya tulis di Kompasiana pada 2 Februari 2019. Esai tersebut buah dari kegiatan workshop “Writing for Happiness” yang menghadirkan  narasumber Naning Pranoto. Saya tergerak dengan hasil penelitian tentang menulis sebagai jalan penyembuhan, terutama bagi mereka yang mengalami peristiwa traumatis. Ada banyak studi ilmiah tentang hal ini dan yang paling populer adalah penelitian Dr. James Pennebaker dan Dr. Joshua Smyth yang tertuang di dalam buku larisnya bertajuk Opening Up: The Healing Power of Expressing Emotions. Mereka mengungkapkan bahwa menulis dapat meningkatkan kesehatan dan sistem imun pada tubuh.

Buku ini saya susun sebagai pengantar “mengubah tangisan menjadi tulisan”. Namun, kedudukannya bukan sebagai buku teori menulis dan bukan juga sebagai buku psikologi. Gagasan di dalam buku ini hanya memantik para pembaca yang sedang dirundung kesedihan untuk menulis atau membantu orang lain dalam kondisi terluka batin untuk kembali bangkit dengan melepaskan emosi-emosi negatif di dalam tulisan. Karena itu, buku ini menghimpun juga informasi dan pemaparan dari buku atau media lain. Saya memosisikannya sebagai buku yang ringan untuk dibaca dan diterbitkan secara elektronik agar dapat dibagikan kepada sebanyak mungkin orang.

Terselip doa siapa pun yang membaca buku ini dan dalam kondisi terluka batin atau dirundung kesedihan yang belum padam, semoga tergerak untuk menulis dan menyembuhkan dirinya sendiri. Setelah itu bangkitlah untuk menulis sesuatu yang bermanfaat dan menyembuhkan juga orang lain.

Selamat membaca dan berbahagia. Amin.

 

Bambang Trim

 


 

Silakan mengunduhnya di sini: BUKU-E TANGISAN

 


 

0Shares
11 June 2020

0 responses on "Buku-E Gratis: Mengubah Tangisan Menjadi Tulisan"

    Leave a Message

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    © 2018 oleh PT Inovasi Penulis Indonesia.
    X