Apa itu copywriting?
Bahasa mudahnya alias pemaknaan versi saya sendiri, copywriting adalah sebuah seni merangkai kata untuk memengaruhi. Nah, memengaruhi ini bisa beragam jenisnya. Ada yang hanya untuk memengaruhi yang membacanya agar membeli sesuatu, mengklik sesuatu, atau hanya merasakan sesuatu.
Kalau terjemahan resmi dari Wikipedia, makna dari copywriting adalah naskah iklan di mana naskah iklan tersebut ditulis oleh seorang penulis naskah iklan (atau biasa disebut dengan copywriter) untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial. Misalkan, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lain sebagainya.
Sampai di sini sudah paham, kan?
Jadi, kalau kita melihat suatu landing page, di sana ada teks yang panjang dari awal sampai akhir, itu adalah copywriting. Karena di sana kata-kata dirangkai dengan teknik khusus untuk “memengaruhi” Anda, entah itu untuk membeli produk yang ditawarkan maupun sekadar meminta Anda menuliskan alamat email dalam form yang sudah disediakan.
Walaupun kelihatan sepele sekalipun, seperti hanya meminta prospek untuk mengisi form, tetap saja dibutuhkan kemampuan merangkai kata yang baik dan mengerti keadaan prospek. Untuk itulah, seni copywriting senantiasa dibutuhkan oleh setiap marketer agar jualannya lebih “brutal” larisnya.
Apa Gunanya Copywriting?
Sebagai seorang pebisnis misalnya, dengan teknik copywriting yang tepat, dua produk yang sama persis bahkan bisa mendapatkan respons yang berbeda. Apalagi di ranah penjualan lewat online seperti sekarang.
Peran teks dan juga copywriting sudah sangat-sangat-sangat dan amat-sangat dibutuhkan karena kita menjangkau konsumen yang tersebar di berbagai tempat dengan apa? Teks dan visual, bukan? Dan semuanya membutuhkan seni copywriting agar cara Anda memengaruhi prospek tidak sia-sia.
Apalagi, jika Anda memainkan peran digital marketing secara penuh, seperti menggunakan landing page, Facebook Ads, Google Adwords, email marketing, caption di Instagram, thumbnail di YouTube, dan lain sebagainya.
Semuanya membutuhkan satu senjata sakti yang bernama: copywriting.
Pertanyaannya kemudian adalah, siapa sih yang membutuhkan keahlian copywriting?
Jawabannya, siapa saja yang peduli dengan seni merangkai kata untuk memengaruhi. Jadi, bisa siapa saja. Entah yang memiliki bisnis maupun tidak.
Misalkan, calon kepala desa. Dia membutuhkan kemampuan ini agar dalam status-status Facebook-nya tetap relevan dengan campaign-nya dengan teknik merangkai kata yang asyik dan tidak norak.
Apalagi seorang pebisnis. Mutlak banget memerlukan kemahiran copywriting karena nyawa dari segala promosinya ada di sini. Kita tidak bisa menyangkal bahwa penggabungan antara seni merangkai kata dan seni merangkai visual adalah senjata tertajam dalam memengaruhi konsumen.
Untuk lebih membahas tentang copywriting kita akan bahas di materi-materi selanjutnya. Saya harap sampai di sini sudah paham mengenai apa itu copywriting, apa gunanya, dan siapa saja yang benar-benar membutuhkannya. []
Course Curriculum
Dasar Copywriting | |||
Mindset Seorang Copywriter | 00:25:00 | ||
Memahami Dunia Periklanan | |||
Apa Sih Iklan Itu? | 00:20:00 | ||
Pentingnya Top of Mind | 00:25:00 | ||
Tujuan Iklan | 00:20:00 | ||
Pembagian Media Iklan | 00:20:00 | ||
Fungsi Iklan | 00:25:00 | ||
Apa Itu Bahasa? | 00:15:00 | ||
Empat Macam Bahasa | 00:15:00 | ||
Macam-Macam Pesan Nonverbal | 00:45:00 | ||
Anatomi Iklan dan Teknik Penulisannya | |||
Anatomi Iklan | 00:50:00 | ||
Teknik Penulisan Ad Headline | 00:40:00 | ||
Macam-Macam Ad Headline | 00:45:00 | ||
Teknik Penulisan Sub Ad Headline | 00:15:00 | ||
Teknik Penulisan Body Copy | 00:45:00 | ||
Teknik Penulisan Closer | 00:15:00 | ||
Teknik Penulisan Flash | 00:15:00 | ||
Teknik Penulisan Banner | 00:05:00 | ||
Pendekatan Penyampaian Pesan Iklan | 00:20:00 | ||
Jurus-Jurus Penting dalam Copywriting | |||
Transformasi Apa yang Akan Didapatkan Pembeli? | 00:20:00 | ||
Tonjolkan Manfaat, Bukan Fitur | 00:15:00 | ||
Strategi Menulis Judul yang Menyedot Perhatian | 00:40:00 | ||
Mengapa Orang-Orang Membeli Produk yang Anda Tawarkan? | 00:15:00 | ||
Kata Perangsang dalam Headline | 00:15:00 | ||
Tugas Seorang Copywriter | 00:20:00 | ||
Apa Saja Elemen yang Ada dalam Sebuah Landing Page? | 00:20:00 | ||
12 Jenis Headline dalam Copywriting | 00:30:00 | ||
3 Tips dalam Menulis Headline yang Sulit Diabaikan Pembaca | 00:15:00 | ||
Formula Penting dalam Copywriting | |||
Formula AIDA dalam Copywriting | 00:20:00 | ||
Formula PPPP dalam Copywriting | 00:20:00 | ||
Formula PAS dalam Copywriting | 00:20:00 | ||
Formula BAB dalam Copywriting | 00:15:00 | ||
Formula FAB dalam Copywriting | 00:15:00 | ||
Copywriting dengan Pendekatan NLP | |||
Negative Command | 00:20:00 | ||
Contrast Pattern | 00:20:00 | ||
Future Pacing | 00:15:00 | ||
Commentary Adverbs | 00:20:00 | ||
Awareness Pattern | 00:20:00 | ||
Excitement and Desire | 00:20:00 | ||
Credibility and Expertise | 00:20:00 | ||
Empathic Opening | 00:10:00 | ||
Creating Value | 00:10:00 | ||
Magic Words | 00:10:00 | ||
Changing Beliefs | 00:20:00 | ||
Differentiation | 00:20:00 | ||
Urgency & Scarcity | 00:20:00 | ||
Embedded Commands | 00:20:00 | ||
Presuppositions | 00:20:00 |
Course Reviews
No Reviews found for this course.