Apa itu copywriting?

Bahasa mudahnya alias pemaknaan versi saya sendiri, copywriting adalah sebuah seni merangkai kata untuk memengaruhi. Nah, memengaruhi ini bisa beragam jenisnya. Ada yang hanya untuk memengaruhi yang membacanya agar membeli sesuatu, mengklik sesuatu, atau hanya merasakan sesuatu.

Kalau terjemahan resmi dari Wikipedia, makna dari copywriting adalah naskah iklan di mana naskah iklan tersebut ditulis oleh seorang penulis naskah iklan (atau biasa disebut dengan copywriter) untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial. Misalkan, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lain sebagainya.

Sampai di sini sudah paham, kan?

Jadi, kalau kita melihat suatu landing page, di sana ada teks yang panjang dari awal sampai akhir, itu adalah copywriting. Karena di sana kata-kata dirangkai dengan teknik khusus untuk “memengaruhi” Anda, entah itu untuk membeli produk yang ditawarkan maupun sekadar meminta Anda menuliskan alamat email dalam form yang sudah disediakan.

Walaupun kelihatan sepele sekalipun, seperti hanya meminta prospek untuk mengisi form, tetap saja dibutuhkan kemampuan merangkai kata yang baik dan mengerti keadaan prospek. Untuk itulah, seni copywriting senantiasa dibutuhkan oleh setiap marketer agar jualannya lebih “brutal” larisnya.

 

Apa Gunanya Copywriting?

Sebagai seorang pebisnis misalnya, dengan teknik copywriting yang tepat, dua produk yang sama persis bahkan bisa mendapatkan respons yang berbeda. Apalagi di ranah penjualan lewat online seperti sekarang.

Peran teks dan juga copywriting sudah sangat-sangat-sangat dan amat-sangat dibutuhkan karena kita menjangkau konsumen yang tersebar di berbagai tempat dengan apa? Teks dan visual, bukan? Dan semuanya membutuhkan seni copywriting agar cara Anda memengaruhi prospek tidak sia-sia.

Apalagi, jika Anda memainkan peran digital marketing secara penuh, seperti menggunakan landing page, Facebook Ads, Google Adwords, email marketing, caption di Instagram, thumbnail di YouTube, dan lain sebagainya.

Semuanya membutuhkan satu senjata sakti yang bernama: copywriting.

Pertanyaannya kemudian adalah, siapa sih yang membutuhkan keahlian copywriting?

Jawabannya, siapa saja yang peduli dengan seni merangkai kata untuk memengaruhi. Jadi, bisa siapa saja. Entah yang memiliki bisnis maupun tidak.

Misalkan, calon kepala desa. Dia membutuhkan kemampuan ini agar dalam status-status Facebook-nya tetap relevan dengan campaign-nya dengan teknik merangkai kata yang asyik dan tidak norak.

Apalagi seorang pebisnis. Mutlak banget memerlukan kemahiran copywriting karena nyawa dari segala promosinya ada di sini. Kita tidak bisa menyangkal bahwa penggabungan antara seni merangkai kata dan seni merangkai visual adalah senjata tertajam dalam memengaruhi konsumen.

Untuk lebih membahas tentang copywriting kita akan bahas di materi-materi selanjutnya. Saya harap sampai di sini sudah paham mengenai apa itu copywriting, apa gunanya, dan siapa saja yang benar-benar membutuhkannya. []

Course Curriculum

Dasar Copywriting
Mindset Seorang Copywriter 00:25:00
Memahami Dunia Periklanan
Apa Sih Iklan Itu? 00:20:00
Pentingnya Top of Mind 00:25:00
Tujuan Iklan 00:20:00
Pembagian Media Iklan 00:20:00
Fungsi Iklan 00:25:00
Apa Itu Bahasa? 00:15:00
Empat Macam Bahasa 00:15:00
Macam-Macam Pesan Nonverbal 00:45:00
Anatomi Iklan dan Teknik Penulisannya
Anatomi Iklan 00:50:00
Teknik Penulisan Ad Headline 00:40:00
Macam-Macam Ad Headline 00:45:00
Teknik Penulisan Sub Ad Headline 00:15:00
Teknik Penulisan Body Copy 00:45:00
Teknik Penulisan Closer 00:15:00
Teknik Penulisan Flash 00:15:00
Teknik Penulisan Banner 00:05:00
Pendekatan Penyampaian Pesan Iklan 00:20:00
Jurus-Jurus Penting dalam Copywriting
Transformasi Apa yang Akan Didapatkan Pembeli? 00:20:00
Tonjolkan Manfaat, Bukan Fitur 00:15:00
Strategi Menulis Judul yang Menyedot Perhatian 00:40:00
Mengapa Orang-Orang Membeli Produk yang Anda Tawarkan? 00:15:00
Kata Perangsang dalam Headline 00:15:00
Tugas Seorang Copywriter 00:20:00
Apa Saja Elemen yang Ada dalam Sebuah Landing Page? 00:20:00
12 Jenis Headline dalam Copywriting 00:30:00
3 Tips dalam Menulis Headline yang Sulit Diabaikan Pembaca 00:15:00
Formula Penting dalam Copywriting
Formula AIDA dalam Copywriting 00:20:00
Formula PPPP dalam Copywriting 00:20:00
Formula PAS dalam Copywriting 00:20:00
Formula BAB dalam Copywriting 00:15:00
Formula FAB dalam Copywriting 00:15:00
Copywriting dengan Pendekatan NLP
Negative Command 00:20:00
Contrast Pattern 00:20:00
Future Pacing 00:15:00
Commentary Adverbs 00:20:00
Awareness Pattern 00:20:00
Excitement and Desire 00:20:00
Credibility and Expertise 00:20:00
Empathic Opening 00:10:00
Creating Value 00:10:00
Magic Words 00:10:00
Changing Beliefs 00:20:00
Differentiation 00:20:00
Urgency & Scarcity 00:20:00
Embedded Commands 00:20:00
Presuppositions 00:20:00

Course Reviews

N.A

ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

87 STUDENTS ENROLLED

Pilih Kursus & Instruktur

Tentang Kami

InstitutPenulis.id adalah pusat kursus penulisan-penerbitan daring terlengkap sekaligus terbaik di Indonesia.

Anggota Aktif

There are no users currently online
© 2018 oleh PT Inovasi Penulis Indonesia.
X